Cara Cepat Pemulihan Setelah Melahirkan

Cara Cepat Pemulihan Setelah Melahirkan

Posted on

Ketahui Cara Cepat Pemulihan Setelah Melahirkan

Untuk dapat pulih setelah persalinan memang membutuhkan waktu. Lama waktunya, semua tergantung dari kondisi si ibu. Sebab, sama seperti ketika hamil, perubahan fisik dan psikologi ibu hamil akan berlanjut hingga usai persalinan.

Perubahan sikon seperti misalnya berat badan yang tidak langsung susut, sakit ketika menyusui, selalu ingin buang air kecil (BAK) dan seakan-akan ingin selalu buang air besar (BAB) karena ada bekas luka sobekan saat persalinan. Belum lagi sakit bekas jahitan operasi cesar hingga mood yang tidak terkontrol.

Berdasarkan keterangan dari dr Sofani Munzila SpOG, dari YPR Hospital ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memulihkan kondisi si ibu pasca persalinan.


Berikut Beberapa Cara Cepat Pemulihan Setelah Melahirkan :

Menggendong Bayi

Sebetulnya, untuk cepat pulih setelah melahirkan, tidak begitu sulit, apalagi bagi yang menjalankan persalinan secara normal.

Bagi yang menjalankan persalinan normal, bisa dalam hitungan 1√ó24 jam, secara fisik, si ibu sudah bisa menjalankan aktivitas, walaupun bukan yang berat. Biasanya usai persalinan normal, ibu akan merasa letih luar biasa. Apalagi jika proses persalinannya lama.

Lalu, apa yang harus dilakukan?

Lakukna istirahat yang cukup dapat mempercepat memulihkan keletihan pascapersalinan. Istirahat bukan berarti tidak boleh bergerak sama sekali, justru, agar cepat sembuh, ibu disarankan untuk bergerak.

Diantara yang dapat dilakukan seperti : menggerakkan badan di tempat tidur, turun dari tempat tidur, berjalan di kamar. Bahkan menyusui, menggendong, serta memakaikan baju si kecil pun bisa menjadi terapi ringan yang langsung bisa dilakukan.

Sedikit berbeda dengan ibu yang melahirkan secara cesar. Umumnya, sehari setelah operasi cesar, ibu tidak boleh turun ranjang. Bahkan ada juga yang harus opname selama 3-4 hari di rumah sakit. Rasa sakit dan gatal pun akan dialami. Ini wajar, sebagai reaksi normal pada anestesi dan  pembedahan.

Umumnya, akan membutuhkan waktu enam minggu, agar si ibu dapat menjalankan aktivitas normal.

Walau rasa nyeri terkadang masih dirasakan hingga enam bulan, namun bisa diatasi sendiri. Berdiam diri malah akan memperlama proses pemulihan.

Menjaga Kebersihan Vagina

Melakukan perawatan akan kebersihan vagina ini mampu mempercepat pemulihan. Begitu pula dengan merawat bekas jahitan operasi.

Bagi yang melakukan proses persalinan secara normal, upayakan agar daerah sekitar vagina selalu kering dan bersih. Gantilah pembalut khusus usai persalinan sesering mungkin. Biarkan luka jahitan pada vagina terkena udara terbuka beberapa saat setiap hari. Penyembuhan biasanya memerlukan waktu seminggu.

Adapun yang melakukan proses persalinan dengan cara cesar, basuhlah luka dengan air hangat setiap kali mandi. Bila sudah kering, bersihkan dengan sabun antiseptik. Di pasaran juga tersedia plester khusus untuk menutup luka bekas operasi.

Memperbanyak Konsumsi Protein

Walau ada anggapan bahwa setelah melahirkan, tidak boleh mengonsumsi protein yang banyak terdapat pada ikan, telur atau daging, padahal itu hanya mitos yang keliru. Proses pemulihan usai persalinan harus didukung oleh nutrisi lengkap.

Saat sedang hamil, si ibu sangat memperhatikan kandungan gizinya, maka setelah persalinan pun tetap musti memperhatikan nutrisinya. Karena ibu masih menyusui dan membutuhkan makanan sarat dengan protein.

Protein ini akan membantu mempercepat proses penyembuhan luka jahitan. Protein banyak terkandung di dalam ikan.

Vitamin C dan B kompleks juga jangan tertinggal, karena akan membantu daya tahan ibu usai persalinan. Perbanyak makan sayuran hijau, seperti bayam dan kacang-kacangan.

Usahakan juga agar tetap mengonsumsi makanan kaya serat, untuk membantu BAB. Ini tak kalah pentingnya, karena BAB yang keras akan membuat bekas jahitan sulit pulih akibat acap mengejan.

Demikian beberapa Cara Cepat Pemulihan Setelah Melahirkan, semoga bermanfaat. Silahkan anda bagikan artikel ini ke yang membutuhkan, insya Allah berkah, aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *